Pelajaran gitar 1.Pemanasan jari (warm up)

Sebenarnya di internet banyak banget tutorial maen gitar tapi menurut gw banyak yang ga teratur ato gak berurut parahnyanya lagi kalo LINK situs bwt tutor gitar yang bagus banyak yang berbahasa Iggris..dan akhirnya pada BINGUNG tuh apa yang kita pelajari so. disini gw sebagai warga negara Indonesia😛 he he ingin ngebantu teman2 semua untuk mempermudah belajar gitar,tapi tetep terarah….
Semua lick ato tutor ini gw ambil dari buku gw dulu kursus gitar di YFMB Bandung (Nuhun Pisan Kang Uet = guru gw ) dan dari Gitaris2 luar yang gw curi scale2 nya….wakwkwkwkw.

Ok udah cukup perkenalannya dan mari kita mulai bersusah2…he
Orang biasanya kalo maen gitar tuh pengen langsung JAGO dan banyak yang langsung belajar SPEED dengan belajar LICK2 cepet kaya punyanya mank Yngwie Malmsteen.mereka melupakan satu hal yang menurut GW 50% berpengaruh banget bwt kelancaran bermain gitar.Yaitu SENAM JARI / WARM UP dan TEMPO.dari contoh temen2 gw yang juga bareng kursus gitar mereka malezz banget pada Senam jari dan akhirnya ANCUR,nah gw nih aneh sendiri gw mah dulu malah banyakkan senam jari dari pada latihan LICK (meskipun pengen), jadi……HA ha ha banyak temen gw yang ngiri ma gw karna gw jauh lebih JAGO ma mereka .padahal rahasianya cuman satu = SENAM JARI
biasanya kalo mau senam jari ato warm up pada malezzz…!!
Jadi tips gw perbanyaklah sedekah…eh Senam jari ( sedekah juga ya..)
ok kita mulai pengenalan aja..siap gerak..!!

WARM UP:

ini adalah hal PENTING yang musti sering kamu latih jika kamu pengen serius menjadi gitaris handal.(halah lebay)..pokonya minimal kaya Kang Steve Vai..he..he…
ok saatnya pemanasan dalam bahasa keren nya warm up. yu mulai
pertama latihan tangan kiri dulu.
warm up 1: tangan kiri
l———————————————–l 1 senar terkecil
l———————————————–l 2
l—————–4—————————- l 3
l———3————-3———————-l 4
l—–2———————–2—————-l 5
l-1———————————1———-l 6 senar paling BIG / geude.

keterangan gambar:
not diatas di namakan TABILATUR ( TAB ) :
contoh di gambar
1 = fret no1
dan senar pada no 6
3 = fret no 3 dan senar pada no 4

Tips:
Latihan bisa di lakukan selama 3 menit tanpa henti..
berulang minimal 10 X jadi kurang lebih 30 menit.

Ini adalah warm up 2 tangan kiri yang lainnya

l——————————————————-5-6-7-8–l
l———————————————3-4-5-6————l
l———————————–4-5-6-7———————-l
l————————2-3-4-5———————————l
l————-3-4-5-6——————————————–l
l-1-2-3-4——————————————————–l

warm up 3

l————————————————–1-3-2-4——-l
l—————————————–1-3-2-4—————-l
l——————————-1-3-2-4————————–l
l———————1-3-2-4————————————l
l———–1-3-2-4———————————————-l
l-1-3-2-4——————————————————–l

warm up 4

l——————————————————————l
l——————————————————————l
l————4—1————————–5—2—————-l
l——–3———–2——————4———–3————l
l—–2—————–3————3——————4——–l
l-1————————-4—2————————–5—–l

warm up 5

l-4-3-2-1——————————————————l
l———–5-4-3-2——————————————–l
l———————6-5-4-3———————————-l
l——————————–7-6-5-4———————–l
l——————————————8-7-6-5————-l
l—————————————————–9-8-7-6–l

Aku pernah baca artikel yang isinya:
1 jam belatih main gitar secara disiplin lebih baik dari pada 12 jam berlatih gitar tapi tidak teratur
so……let work’s friend’s..it’s need along time and… KESABARAN..he..he…
see u..semangat nya…

7 Tanggapan

  1. he`m enk bgt lthn kyk gni

  2. Duh pusing ni sya blm ngerti tlng lebih d’perjelas

  3. @hendra: emang enak Om😀
    @Qaqa: kan udah jelas tuh semuannya boz..
    garis paling atas adalah senar terkecil
    jadi bacanya terbalik
    dan nomor2 itu adalah urutan fret nya..
    masih pusink om?😀

  4. kalau boleh nanya nii
    cara buat melodi manis giman sih ?
    makasih ^^

  5. […] Pelajaran gitar 1.Pemanasan jari (warm up) […]

  6. mantab tipsnya, makasih telah berbagi, sangat bermanfaat, terutama bagi yang sedang belajar seperti saya, salam kenal ya…..

  7. Salam kenal…
    mohon izinkan saya berbagi link untuk yg ingin belajar gitar secara lengkap dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dalam bhs Indonesia silahkan klik di http://www.gitarzoom.blogspot.com
    trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: