Scale and chord theory advance

Dalam bagian ini Anda akan mempelajari beberapa hal, antara lain:

– Pengertian Scale
– Major Scale
– Minor Scales
– Pentatonic Scale
– Blues Scale
– Mode (Pengenalan)
– Diminished Scales

pengertian Scales

Kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia maka ‘scales’ akan menjadi ‘skala’, tetapi saya kurang ‘sejahtera’ memakai istilah ‘skala’, karena kita cenderung untuk mengasosiasikan dengan pengertian yang berbeda. Ok, apa itu Scales?

Scales adalah kumpulan dari beberapa nada yang dipolakan dalam kombinasi wholetones dan semitones

Dari pengertian di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa scales itu sifatnya teratur, baku dan tidak berubah-ubah. Satu oktaf terdiri dari 12 nada, jika dimainkan disebut chromatic scale. Dalam musik ada beberapa jenis scales yang dipakai, kita mulai bahas dari yang pertama:



Major Scales


Major scales mempunyai pola: wholetone-wholetone-semitone-wholetone-wholetone-wholetone-semitone atau 1-1-1/2-1-1-1-1/2. Misalnya, major scale dalam C adalah C-D-E-F-G-A-B-C. Bagaimana bisa mendapatkan huruf-huruf (baca: not-not) itu. Berdasarkan penjelasan tentang tuts dan jarak masing-masing tuts, maka kita akan hitung mulai dari C (karena didalam C major scale). Dari C naik wholetone didapatkan D, dari D naik wholetone didapatkan E, dari E naik semitone didapatkan F, dari F naik wholetone didapatkan G, dari G naik wholetone didapatkan A, dari A naik wholetone didapatkan B, dari B naik semitone didapatkan C’. Mudah bukan?

Minor Scale

Setiap major scale punya sebuah relative minor. Relative minor dari C major adalah A minor. A adalah nada ke-6 dari C major scale, maka dalam relative minor scale selalu dimulai dari nada ke-6 dari Major scalenya. Perhatikan tabel 3 berikut:

Derajat (not):

1

2

3

4

5

6

7

1′

C major scale

C

D

E

F

G

A

B

C

Derajat diubah posisinya:

‘6

‘7

1

2

3

4

5

6

A minor Scale

‘A

‘B

C

D

E

F

G

A

Tabel 3. Major dan Minor Scale

Minor scales mempunyai tiga macam varian, yaitu:
1. Natural Minor, dimulai dengan nada ke-6 atau A, menjadi A-B-C-D-E-F-G-A. Scale intervalnya (menggunakan # dan b): 1-2-b3-4-5-#5-b7-1′. Scale ini cukup umum dan sering dipakai untuk lagu-lagu pop, rock, country.

2.Harmonic Minor, sama dengan natural minor, hanya nada ke-7 dinaikkan semitone menjadi A-B-C-D-E-F-G#-A. Scale intervalnya: 1-2-b3-4-5-b6-7-1′. Scale ini biasanya digunakan pada lagu-lagu latin, jazz dan tradisiona

3. Melodic Minor, sama dengan natural minor, hanya nada ke-6 dan ke-7 dinaikkan semitone menjadi A-B-C-D-E-F#-G#-A dan dinaturalkan menjadi A-G-F-E-D-C-B-A ketika kembali dari atas ke ke bawah. Scale interval ketika naik: 1-2-b3-4-5-6-7-1′, ketika turun: 1-b7-b6-5-4-b3-2-1

Pentatonic Scale


1. Major Pentatonic Scale, scale yang mengandung lima not yang sama dengan major scale. Nada ke-4 dan ke-7 dihapus dan menjadi C-D-E-G-A-C. Scale intervalnya: 1-2-3-5-6-1′

2. Minor Pentatonic Scale, scale yang mengandung lima not yang sama dengan natural minor scale, tapi nada ke-2 dan ke-6 dihapus menjadi A-C-D-E-G-A. Scalenya intervalnya: 1-b3-4-5-b7-1′

Kedua scale ini sering dipakai dalam lagu-lagu pop, kanton, jazz, dll.

Blues Scale


Scale yang mengandung enam nada yang sama dengan minor pentatonic scale, tapi ditambahkan dengan # dari nada ke-3 dalam A blues scale atau nada ke-4 dalam A major scale (yaitu nada D) menjadi A-C-D-#D-E-G-A. Scale intervalnya: 1-b3-4-b5-5-b7-1′.

Mode

Mode adalah bagaimana cara seseorang musisi berpakaian waktu naik ke pentas, sehingga seorang pemain musik juga harus mengikuti trend mode saat ini…oh sorry, itu sih fashion mode, he…he… sedikit intermezzo biar tidak terlalu tegang belajarnya🙂.

Mode ini dulu digunakan oleh gereja mula-mula untuk membentuk Gregorian chant, Anglican chant, dan Plainsong. Sebenarnya hanya ada empat saja: Dorian, Phrygian, Lydian dan Mixolydian. Kemudian dikembangkan menjadi dua belas dan dalam era musik modern turun lagi menjadi tujuh dan dipakai sampai sekarang.

Welsh dan Irish music sering menggunakan Harmonic minor. Dalam salah satu kumpulan lagu di Perancis terdapat 8 lagu major, 8 Aeolian, 3 Phrygian, 2 Dorian. Di Spanyol yang paling sering digunakan adalah Phrygian, khususnya di Castile and Andalusia. Di Galicia (daerah Celtic) lebih bervariasi, ada Dorian, Phrygian, Mixolydian, dan Aeolian, semua digunakan baik dalam bentuk authentic dan plagal. Di Italia sering menggunakan Lydian dan Phrygian. Di Honggaria mode dorian and phrygian yang populer. Di Russia banyak menggunakan Phrygian, Dorian, Major dan Aeolian.

Ok, untuk mengerti apa itu Mode, coba Anda berpikir demikian: C major scale mempunyai tujuh not yang berbeda 1-7 atau do-si, yaitu C, D, E, F, G, A, B, (background kuning) dan kita dapat memainkan C major scale yang dimulai dari tiap not tersebut (7 not).

Ionian

C (1)

D
(2)

E
(3)

F
(4)

G
(5)

A
(6)

B
(7)

C’
(1′)

Dorian

D
(1)

E
(2)

F
(b3)

G
(4)

A
(5)

B
(6)

C’
(b7)

D’
(1′)

Phyrigian

E
(1)

F
(b2)

G
(b3)

A
(4)

B
(5)

C’
(5#)

D’
(b7)

E’
(1) ‘

Lydian

F
(1)

G
(2)

A
(3)

B
(#4)

C’
(5)

D’
(6)

E’
(7)

F’
(1′)

Mixolydian

G
(1)

A
(2)

B
(3)

C’
(4)

D’
(5)

E’
(6)

F’
(b7)

G’
(1′)

Aeolian

A
(1)

B
(2)

C’
(b3)

D’
(4)

E’
(5)

F’
(#5)

G’
(b7)

A’
(1)

Locrian

B
(1)

C’
(b2)

D’
(b3)

E’
(4)

F’
(b5)

G’
(#5)

A’
(b7)

B’
(1′)

Kolom 2 pada tabel 6 adalah C major scale (background kuning). Dalam konteks ini, Ionian = C majors Scale dan Aeolian = A natural minor scale. Pemakaian mode ini bisa meluas lagi, karena selain dalam C major scale, dapat pula dicari pada major scale yang lain, misalnya C Dorian, C Phyrigian, G Lydian dst.

Dalam praktek penggunaan mode dalam permainan musik, sangat jarang ditanyakan mode pada D major scale, atau F major scale dan nada lainnya. Yang lebih sering terjadi adalah, mainkan D dorian, mainkan F lydian, mainkan C aeolian, mainkan F# locrian dan lainnya, itulah rahasia berimprovisasi. Camkan kalimat berikut ini:

Kita akan lebih mudah berimprovisasi dengan memikirkan scale daripada chords

Untuk mencari mode dari satu not, Anda tidak perlu bersusah payah mencari seluruh Mode pada major scalenya. cukup tentukan rootnya, kemudian cari tahu scale intervalnya, dan konversikan dari scale interval ke nada-nadanya, itu saja sudah cukup. Itu yang saya maksudkan dengan kalimat di atas, “Kita akan lebih mudah berimprovisasi dengan memikirkan scale daripada chords”.

Sebagai pedoman, jika Anda mau mencari MODE dari suatu nada, misalnya nada C pada mode Dorian, maka rootnya harus C dan nada-nada berikutnya menggunakan scale interval dorian, yaitu 1-2-b3-4-5-6-b7-1′, sehingga C Dorian adalah: C-D-Eb-F-G-A-Bb-C’.
Misalnya G Lydian, intervalnya Lydian:1-2-3-#4-5-6-7-1′, maka dimulai dari G, G lydian adalah: G-A-B-Db-D-E-F#-G’.
Begitu pula dengan nada-nada lain, silahkan dicari sendiri sambil dimainkan untuk merasakan bedanya.

Kemudian yang kedua adalah Major Minor Scale Harmony, sama dengan major scale tapi mode ini berdasarkan C melodic minor scale (bukan natural minor atau harmonic minor). Scale ini sering digunakan dalam improvisasi jazz. Akan saya bahas dalam kesempatan mendatang.

Minor-Major

C

D

Eb

F

G

A

B

C’

Susb9

D

Eb

F

G

A

B

C’

D’

Lydian Augmented

Eb

F

G

A

B

C’

D’

Eb’

Lydian Dominant

F

G

A

B

C’

D’

Eb’

F’

Rarely played

G

A

B

C’

D’

Eb’

F’

G’

Half-Diminished

A

B

C’

D’

Eb’

F’

G’

A’

Altered

B

C’

D’

Eb’

F’

G’

A’

B’

DIMINISHED SCALE

Ada dua model diminshed scale, yaitu:
1. Semitones-Wholetones, scale ini dimulai dari root, semitone-wholetone-semitone-… sampai ke root pada octav berikutnya.

2. Wholetones-Semitones, scale ini dimulai dari root, wholetone-semitone-wholetone-… bergantian sampai ke root pada octav berikutnya.

WHOLE-TONE SCALE

Dalam scale ini setiap not berjarak whole tone (satu not)

Diminshed dan Whole-tone scale juga sering dipakai dalam improvisasi jazz. Saya belum bahas dalam kesempatan ini.

gmana pusink…wakwkwkw?

tenang belajar membutuhkan proses…

vai

semangat !!!!!

jangan kalah sama steve vai yang suka belajar gitar ampe 8 JAM / hari !!!!!!!!

dan hasilnya…. STEVEI the master of guitar player ever

let practice guy..!!!!!



2 Tanggapan

  1. mantabbbb

  2. Salam kenal…mohon izinkan saya berbagi link yg sangat berguna bagi yg ingin memperdalam belajar gitar dalam berbagai tehnik secara lengkap dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dalam bhs Indonesia silahkan kunjungi juga http://www.gitarzoom.blogspot.com
    terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: